Ujian CPMA
Certified Professional Management Accountant
Tujuan Ujian CPMA
1. Meningkatkan penguasaan (proficiency) peserta atas pengetahuan dan kompetensi di bidang akuntansi manajemen dan bidang lainnya yang terkait.
2. Menjadi ukuran mutu bagi para stakeholders atas penguasaan bidang ilmu akuntansi manajemen dengan segala aspeknya yang terkait.
3. Mendorong mutual recognition atas sertifikasi sejenis dari negara-negara lain
4. Memberikan peluang bagi peserta dengan latar belakang non-akuntansi untuk mendapatkan kompetensi dalam bidang akuntansi manajemen dan bidang lain yang terkait
Dalam rangka meningkatkan penguasaan (proficiency) Akuntan Manajemen atas pengetahuan dan kompetensi teknis di bidangnya, dan untuk menyongsong keterbukaan jasa Akuntan Manajemen di Indonesia, maka Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) menyelenggarakan Ujian CPMA.
Syarat Peserta UJIAN CPMA
Ujian hanya dapat diikuti oleh mereka yang memperoleh
1. Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi / D4 Akuntansi + pengalaman 1 tahun di bidang akuntansi dan / atau keuangan.
2. Sarjana non-akuntansi + pengalaman 2 tahun di bidang akuntansi dan / atau keuangan
Cat : Bagi peserta yang belum mempunyai pengalaman kerja diperbolehkan untuk mengikuti Ujian CPMA, namun sertifikat CPMA baru akan diberikan setelah lulus Ujian CPMA dan memenuhi persyaratan pengalaman kerja.
Mata Ujian
Ujian CPMA meliputi 4 (empat) mata ujian yang telah ditetapkan, yaitu :
1. Analisis Lingkungan Usaha
2. Konsep dan Keahlian Akuntansi Manajemen
3. Manajemen Strategik
4. Good Corporate Governance & Etika Bisnis
Waktu Ujian | 16- 17 November 2011 | Harga Buku Panduan Rp. 50.000,- Biaya Pendaftaran : Rp. 350.000,- Biaya Ujian : Rp. 2.600.000,- Rek IAMI BCA KCP Menteng 735 031 0317 |
Periode Pendaftaran | 26 September – 4 November 2011 | |
Batas Akhir Pendaftaran Langsung | 4 November 2011 | |
Batas Akhir Pendaftaran via Pos | 29 Oktober 2011 | |
Masa Potongan Harga 15% | 26 September – 30 September 2011 | |
Pembatalan dikenakan Denda: - 25% dari biaya ujian - 50% dari biaya ujian - 100% dari biaya ujian | s.d. 19 Oktober 2011 20 Oktober – 9 November 2011 Setelah 9 November 2011 | |
Pengambilan Kartu Ujian | 7 November – 11 November 2011 |
Contact Person : Tity/Erni
Puri Matari Lt.Annex Suite D,
Jl. HR. Rasuna Said Kav. H1-2,
Kuningan Jakarta Selatan
Telp/Fax : 021-5251709
HP : 081808435991
Email : info@iamiglobal.or.id
Website : www.iamiglobal.or.id
WORKSHOP NOVEMBER 2011
IFRS CONVERGENCE ISSUES: PENGARUHNYA TERHADAP PERPAJAKAN
- Dudi M. Kurniawan, Ketua Tim Implementasi IFRS Ikatan Akuntan Indonesia
- Staf Direktorat Jendral Pajak
Outline :
1. Latar Belakang IFRS dan Perbandingannya dengan PSAK :
a. Overview Konvergensi IFRS
b. Komparasi PSAK lama, PSAK baru dengan IFRS
c. IFRS dan pengaruhnya terhadap business process
2. Konvergensi IFRS : Implikasi PSAK terbaru terhadap
Perpajakan di Indonesia
a. Pengaruh konvergensi IFRS terhadap Perpajakan
b. PSAK 1 (revisi 2009) – Penyajian Laporan Keuangan dan pengaruhnya terhadap Koreksi Fiskal
c. Pengaruh transaksi Hubungan Istimewa terhadap perpajakan
d. Pengaruh Fair Value Aset Tetap dan Sewa dari aspek perpajakan
Laporan Keuangan itu menghasilkan informasi yang dapat dipahami dengan baik, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan. Perkembangan Standar Akuntansi International (International Financial Reporting Standar-IFRS) merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam Pengembangan Standar Akuntansi Keuangan. Manfaat dari Program konvergensi IFRS diharapkan mengurangi hambatan-hambatan investasi, Meningkatkan Transparansi perusahaan, mengurangi biaya yang terkait penyusunan laporan keuangan, dan mengurangi cost of capital.
Sementara tujuan akhir laporan keuangan yang disusun berdasarkan SAK hanya akan memerlukan sedikit rekonsiliasi untuk menghasilkan laporan keuangan berdasarkan IFRS. Akibat perubahan tersebut akan berdampak pada pelaporan perpajakan. IAMI memandang perlu melakukan sosialisasi IFRS tersebut kepada Para Akuntan Manajemen terutama IFRS Convergence Issues: Pengaruhnya Terhadap Perpajakan Indonesia.
Hari, Tanggal : Kamis. 24 November 2011
Biaya : Rp. 800.000,- (Anggota IAMI)
Rp. 900.000,- (Non Anggota)
Lokasi : Jakarta
Waktu : 09.00 - 15.00 WIB
*pembayaran paling lambat 3 hari sebelum pelaksanaan
Fasilitas:
· Materi Pelatihan
· Training Kit
· Rehat kopi dan makan siang
· Sertifikat
Informasi dan Pendaftaran
Contact Person : Tity/Erni
Puri Matari Lt.Annex Suite D,
Jl. HR. Rasuna Said Kav. H1-2,
Kuningan Jakarta Selatan
Telp/Fax : 021-5251709
HP : 081808435991
Email : info@iamiglobal.or.id
Website : www.iamiglobal.or.id
EFFECTIVE BUDGETING: PLANNING & CONTROLLING
7-8 Desember 2011
Pk. 09.00–16.30 WIB
Nara Sumber :
Thomas H Secokusumo, MBA, Universitas Indonesia
Budget merupakan suatu alat ajuan atau petunjuk bagi perusahaan dalam melakukan usahanya serta merupakan alat control. Tanpa adanya budget, perusahaan akan mengalami kesulitan. Budget bukan sekedar angka-angka yang tanpa makna yang dibuat berdasarkan forecast. Namun seringkali perusahaan tidak menyadarinya, atau membuat budget ala kadarnya, yang penting ada budget. Atau budget dibuat dengan hanya sekedar mengkompilasi angka-angka yang dikumpulkan dari setiap departement fungsional.
Dengan adanya budgeting, perusahaan akan mencoba memasukkan seluruh faktor yang mempengaruhi jalannya perusahaan hingga tujuan, strategi dan taktik dalam memenangkan persaingan. Dalam pelatihan ini akan dibahas bagaimana memperhitungkan external dan internal faktor dalam menentukan tujuan dan strategi, sehingga budget dapat dibuat dengan komprehensif.
Outline :
1. Apakah budget itu?
2. Perencanaan dalam budget
3. Analisa strategis dalam hubungannya dengan budget
4. Siklus budget
5. Proses dan organisasi penyusunan budget
6. Proses pengesahan budget
7. Budgetary Control Proses
8. Analisa evaluasi budget
FORMULIR PENDAFTARAN
Nama :……………………………………………………………
Instansi:……………………………………………………………
Alamat :……………………………………………………………
Telepon:……………………………………………………………
Email :………………………………………………………….…
Pembayaran : □ Tunai
□ Transfer
a.n Kompartemen Akuntan Manajemen,
BCA Cab. Menteng No. Rek 7350313162
Fasilitas : Makalah, Seminar Kit, Coffee Break, Makan Siang, Sertifikat
Biaya : Anggota IAMI Rp. 1.400.000, Non Anggota/Umum Rp. 1.700.000,--
Diskon 10% : bagi peserta minimal 3 (tiga) orang dari perusahaan yang sama.
Contact Person : Tity/Erni
Puri Matari Lt.Annex Suite D,
Jl. HR. Rasuna Said Kav. H1-2,
Kuningan Jakarta Selatan
Telp/Fax : 021-5251709
HP : 081808435991
Email : info@iamiglobal.or.id
Website : www.iamiglobal.or.id
Accounting community
No comments:
Post a Comment